Geotextile Woven, Definisi dan Fungsi

Definisi

Geotextile (Geotekstil) Woven adalah jenis Geotextile yang teranyam. Bahan dasar pembuatannya biasanya Polypropilene (PP). Untuk mempermudah visualisasi, Geotextile Woven ini mirip dengan karung beras (bukan yang dari bahan goni) tetapi berwarna hitam.

Geotextile Woven Geotextile woven rol

Fungsi

Fungsi Geotextile Woven adalah sebagai bahan stabilisasi tanah dasar (terutama tanah dasar lunak), karena Geotextile jenis ini mempunyai tensile strength (kuat tarik) yang lebih tinggi dibandingkan dengan Geotextile Non Woven (sekitar 2 kali lipat untuk gramasi atau berat per m2 yang sama).

Fungsi Geotextile Woven

Cara kerja Geotextile Woven adalah membrane effect, yang hanya mengandalkan tensil strength, sehingga tidak mereduksi terjadinya penurunan setempat (differensial settlement) akibat tanah dasar yang lunak atau jelek.

Beberapa merk Geotextile Woven lokal yang biasa digunakan di proyek infrastruktur adalah : Multitex (seri M), HaTe Reinfox (seri HRX), G-Tex, GKTex.

13 comments on this post.
  1. anne:

    selain pakai polypropilene apakah ada bahan lain yang bisa digunakan untuk geotekstil ? (bahan alami) ?

  2. Admin Geotextile Center:

    Mbak Anne,

    Untuk bahan dasar Geotextile, setahu saya belum ada yang menggunakan bahan alami. Kalau pertanyaanya : Apakah bahan Geosintetik ada yang menggunakan bahan alami, jawabannya ada. Produk itu namanya Geojute, terbuat dari sabut kelapa, untuk aplikasi pencegahan erosi di lereng.

  3. syachmi:

    geotextile apa yg cocok utk tanah rawa yg akan dibangun konstruksi jalan? sehingga dapat menghasilkan konstruksi jalan yang kuat? apakah Woven atau Non Woven?
    trims.

  4. Ramses:

    Mau tanya, harga geotextile woven berat 300gr/m2 berapa ya? terima kasih

  5. Isparmo:

    Pak Syachmi,

    Untuk proyek pembangunan jalan di Tanah Rawa sebaiknya menggunakan kombinasi Geotextile Non Woven dan Geogrid Triax. Geotextile berfungsi mencegah lumpur naik ke dalam sistem perkerasan, Geogridnya mengunci (interlocking) agregat dalam sistem perkerasan.

  6. Isparmo:

    Pak Ramses,

    Untuk menjawab harga Geotextile Non Woven 300gr/m2. Saya butuh informasi, berapa kebutuhan totalnya (m2), agar saya bisa memberikan harga terbaiknya. Diinformasikan melalui email : isparmo@multibangunpatria.com atau Hp. 08121083060. Terima kasih

  7. tharyoso:

    Di tempat kami yang hanya menggunakan perkerasan batu tanpa lapisan aus (lapis penutup), pada saat hujan air meresap sampai tanah dasar.
    Saat kering, tanah dasar memiliki CBR yang cukup. Tapi saat basah CBR rendah sekali.
    Jika geotextile hanya untuk sekat antara perkerasan batu dan tanah dasar agar air hujan tidak meresap sampai ke tanah dasar, dari sisi harga dan fungsi lebih baik mana? woven atau non woven?
    Berapa harga untuk sekitar 3000 m2.

  8. Isparmo:

    Pak Tharyoso,

    Jika Bapak menghadapai tanah dasar dengan CBR rendah, rekomendasi untuk bahan stabilisasi adalah Geogrid TRIAX. Karena Triax bisa melakukan interlocking agregat yg ada di tasnya. Tetapi jika karena keterbatasan biaya, maka Penggunakan Geotextile Woven lebih disarankan karena tensile strength nya bisa lebih dari 3x lipat dibanding Geotextile Non Woven dengan gramasi yang sama.
    Untuk permintaan penawaran harga silahkan di email ke isparmo@multibangunpatria.com

    Terima kasih

  9. faizal:

    gan klo jenis yang bagus untuk geotextile lapisan dasar laut ap ya?..trus berapa macam..?? thanks..

  10. Pak Surya:

    Gan, apa aja keunggulan woven dibandingkan dengan non woven?

  11. Sidabutar:

    Saya mau buat kolam limbah cair (tapioka), apakah dapat menggunakan geotextile utk lantai dan dinding kolam, dan jenis apa yg pas/cocok.

    Terima kasih

  12. Dwi:

    bisa bantu saya spesifikasi geotextil non woven b 20??

  13. Fahmi:

    Kalau untuk pemadatan tanah yang diambil dari lokasi lain dan dipadatkan di tempat yang berbeda (tanah merah) itu lebih baik pakai tipe yang woven atau non woven ya.. berlokasi di pinggir sungai..

Leave a comment